Kegiatan

  • Nusantara Peduli
  • Kegiatan
  • Danau, Telaga dan Sumber Air Mengering, NUSANTARA PEDULI Salurkan 60.000 Liter Air Bersih Di Gunungkidul

Danau, Telaga dan Sumber Air Mengering, NUSANTARA PEDULI Salurkan 60.000 Liter Air Bersih Di Gunungkidul

GUNUNGKIDUL – Memasuki bukan Oktober dampak kekeringan semakin meluas, akibat dari kemarau yang berkepanjangan tersebut, beberapa kecamatan di kabupaten Gunung Kidul terkena dampaknya. Danau, telaga dan sumber air warga mengering lantaran kemarau tahun ini.

Melihat fenomena kekeringan yg berkepanjangan, NUSANTARA PEDULI mengambil sikap dengan melakukan bantuan berupa penyaluran air bersih ke beberapa titik kekeringan di Gunungkidul pada 28/10.

Sebanyak 10 truk tangki air bersih dengan total kapasitas 60.000 liter didistribusikan ke beberapa titik daerah yang terdampak kekeringan di Gunungkidul DIY. Pada penyaluran kali ini NUSANTARA PEDULI memberi bantuan air bersih kepada warga di Kecamatan Rongkop dan Kecamatan Girisubo Gunungkidul. Penyaluran di Kecamatan Rongkop dilakukan di 3 Dusun yakni Dusun Ngricik, Dusun Ngurak Urak dan Dusun Ngampiran. Sedangkan di Kecamatan Girisubo, penyaluran dilakukan di Dusun Pucung, Dusun Bengle dan Dusun Traju.

Pak Yulianto, selaku kepala dusun Ngricik, menyampaikan terimakasih kepada NUSANTARA PEDULI atas bantuan air bersihnya untuk warga Ngricik, bantuan air bersih ini sangat berguna untuk kebutuhan sehari-hari warga, karena danau dusun yang menjadi satu-satunya sumber mata air dusun telah kering sejak bulan mei lalu. “Alhamdulillah dan terimakasih saya ucapkan kepada NUSANTARA PEDULI mewakili warga atas bantuan air bersih ini. Bantuan air bersih ini sangat membantu warga, karena sudah 5 bulanan lalu danau dusun sebagai sumber air dusun telah kering. Dan satu-satunya alternatif warga untuk mendapatkan air bersih ya harus beli mas. Sampei ada warga yg menjual ternaknya untuk bisa membeli air bersih mas,” ucap Yulianto kepada NUSANTARA PEDULI

Salah satu warga penerima manfaat air bersih, Ibu Partini, mengucapkan banyak terimakasih kepada Nusantara Peduli dan semua donatur atas bantuan air bersihnya, semoga menjadi amal jariyah untuk semuanya. Selain ucapan terimakasih dan do’a untuk NUSANTARA PEDULI dan para donatur, Ibu Partini juga berharap bahwa semoga tahun depan, ngricik tidak kekurangan air bersih lagi. Ungkap partini ke pada NUSANTARA PEDULI.

Zainal Oktavianto, Kepala Area NUSANTARA PEDULI Jogjakarta mengungkapkan bahwa program berbagi 1 juta liter air bersih ini adalah program rutin tahunan yang ada di NUSANTARA PEDULI.

“Alhamdulillah, tahun ini NUSANTARA PEDULI sudah beberapa kali melakukan penyaluran air bersih di daerah-daerah kekeringan yg ada di D.I. Yogyakarta. Kali ini, NUSANTARA PEDULI menyalurkan sebanyak 60.000 liter air bersih di dusun-dusun yang ada di Kecamatan Girisubo dan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Warga sangat antusias dengan rela menunggu beberapa jam sebelum mobil tangki pengangkut air bersih datang, hal itu menjadi wajar, karena air bersih di sana adalah barang langka, lantaran kemarau panjang tahun ini sudah membuat danau sumber air dusun sudah mengering dari 5 bulan yang lalu. Semoga bantuan air bersih ini dapat mengurangi beban warga akibat kekeringan ini dan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga penerima manfaat,” Jelas Zainal kepada tim media NUSANTARA PEDULI

Selain itu, Zainal mengajak dan menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama membantu warga yang membutuhkan air bersih dibeberapa daerah kekeringan dengan mendukung program “Berbagi Sejuta Liter Air Bersih”. Masyarakat dapat bergabung dalam program “Berbagi Sejuta Liter Air Bersih” dengan langsung datang ke kantor NUSANTARA PEDULI yang beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan, Gg. Mangga 670, Umbulharjo, Yogyakarta, atau dengan menghubungi hotline NUSANTARA PEDULI 0822-4111-3537. Air memang bukanlah barang mewah, tetapi masih banyak yang bersusah payah dalam mendapatkannya. Mari berbagi, karena berbagi adalah solusi.



Nusantara Peduli

  • Jl. Perintis Kemerdekaan, Gg. Mangga 670, Umbulharjo, Yogyakarta
  • 082289713000
  • nusantarapedulipusat@gmail.com

Lokasi Kami