Kegiatan

  • Nusantara Peduli
  • Kegiatan
  • Hari Menanam Pohon, NUSANTARA PEDULI Demonstrasikan Tanam Pohon Produktif ke Siswa TK/KB Dan SMP di Jogjakarta

Hari Menanam Pohon, NUSANTARA PEDULI Demonstrasikan Tanam Pohon Produktif ke Siswa TK/KB Dan SMP di Jogjakarta

YOGYAKARTA – Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia 2019, NUSANTARA PEDULI mengajak untuk melakukan penanaman pohon kepada siswa-siswi Yogyakarta, dimana pada kesempatan kali ini, NUSANTARA PEDULI bersinergi dengan SMP IT Al-Khairaat dan TK/KB IT AL-Khairaat dalam penanaman pohon di kawasan sekolah SMP IT Al-Khairaat (28/11).

Pohon yang ditanam pada acara penanaman pohon Indonesia 2019 adalah pohon-pohon produktif, ada banyak pohon yang ditanam pada acara tersebut, dimana variasi jenis pohon, ada pohon Alpukat mentega, Mangga Madu, Mangga Arum manis dan pohon Jambu Air. Alasan NUSANTARA PEDULI memilih pohon produktif untuk ditanam pada acara penanaman pohon kali ini adalah selain bisa dijadikan peneduh dan perindang, pohon produktif ini juga bisa menghasilkan buah yang bisa dimanfaatkan oleh siswa-siswi atau masyarakat sekitar.

Dibulan November, selain ada peringatan Hari Pohon Sedunia yang diperingati pada setiap tanggal 21 November, juga ada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang diperingati pada setiap tanggal 28 November, HMPI ini ditetapkan dalam Keppres RI No. 24 Tahun 2008, dan hal ini merupakan langkah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menanam pohon. HMPI juga dilakukan sebagai wujud kepedulian dalam memulihkan kerusakan hutan dan lahan.

Koordinator Program NUSANTARA PEDULI, Endhi Yudha Baskara menyampaikan bahwa acara penanaman pohon kali ini bertujuan untuk mengajak anak-anak sekolah agar bisa mencintai alam sejak dini. “Harapan kami dengan adanya acara penanaman pohon seperti saat ini, maka kan muncul dari dalam diri anak-anak untuk mencintai alam yang ada di sekitar mereka, tentunya dengan adanya pohon yang ditanam langsung oleh mereka dan berada dilingkungan sekitar mereka, maka hal itu akan men-stimulus untuk terus menjaga alam dengan terus merawat pohon-pohon yang ada disekitar mereka. Dan semoga pohon-pohon yang ditanam hari ini bisa terus hidup hingga besar dan berbuah, sehingga buahnya bisa dinikmati oleh anak-anak atau warga sekitar,” jelas Endhi.

Zainal Oktavianto, selaku Kepala Area NUSANTARA PEDULI Yogyakarta juga menyampaikan bahwa alasan mengapa pada acara penanaman pohon kali ini bersinergi dengan sekolah-sekolah terkait dan melibatkan anak-anak sekolah secara langsung adalah untuk mengenalkan kepada anak-anak sejak dini betapa pentingnya pohon untuk keberlangsungan hidup setiap makhluk yang ada di bumi ini. “Sengaja kami melibatkan siswa-siswi secara langsung dalam acara penanaman pohon kali ini, selain untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia secara bersama-sama, juga sebagai edukasi secara langsung kepada siswa-siswi sekolah bahwa ada juga hal penting yang perlu diperhatikan dan dijaga, yakni alam, semoga hal ini bisa menyadarkan seluruh siswa-siswi bahwa tugas mereka tidak hanya tentang belajar dan mendapat nilai dan prestasi yang bagus, tapi juga menjaga dan merawat alam juga merupakan tugas mereka,” ungkap Zainal Kepada tim media NUSANTARA PEDULI.

Zainal juga menjelaskan, bahwa acara penanaman pohon kali ini adalah salah satu bentuk realisasi dari Program Penanaman Sejuta Pohon NUSANTARA PEDULI dimana tujuan dari program Penanaman Sejuta Pohon ini adalah untuk bisa menghijaukan kembali bumi yang sudah kerongtang ini, menyelamatkan bumi yang semakin tua, dimana banyak bangunan yang lebih tumbuh menjulang dari pada pohon-pohon, padahal pada dasarnya kehidupan manusia tidak bisa lepas dari pohon, karena untuk bernafas manusia memerlukan oksigen, sedangkan penghasil oksigen adalah pohon.

Dari itu, NUSANTARA PEDULI mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bisa menahan diri, menahan diri untuk tidak merusak bumi, baik secara langung maupun tidak langsung. NUSANTARA PEDULI juga menghimbau kepada semua masyarakat untuk selalu mencintai alam dan seisinya dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi pemakaian produk-produk dengan limbah plastik dan tidak menebang dan membakar hutan secara sembarangan tanpa tanggung jawab.

NUSANTARA PEDULI berharap kepada semua elemen masyarakat untuk bersama-sama kita kampanyekan Go Green, agar kita bisa menyelamatkan bumi di masa depan, sehingga anak cucu dan keturunan kita masih bisa menikmati betapa indahnya bumi dan seisinya. Mari kita aplikasikan Go Green ini dengan mengajak dan mengajarkan anak dan keluarga kita untuk menanam pohon di lingkungan rumah kita, atau membuat kebun mini bagi yang tidak memiliki lahan yang luas, kita bisa agendakan setiap akhir pekan untuk bercocok tanam dengan anak dan keluarga, banyak hal kebaikan yang akan kita dapat dari bercocok tanam bersama keluarga seperti itu. Mari kita kampanyekan Go Green, Save The Future.



Nusantara Peduli

  • Jl. Perintis Kemerdekaan, Gg. Mangga 670, Umbulharjo, Yogyakarta
  • 082289713000
  • nusantarapedulipusat@gmail.com

Lokasi Kami