Syarat-syarat Hewan Qurban

Menyembelih hewan qurban dalam syariat islam sendiri adalah langkah melenyapkan ruh binatang dengan cara memotong leher kerongkongan dan tenggorokan serta dua urat nadi dengan alat yang tajam, kecuali gigi dan tulang serta alat atau cara lain yang dilarang dalam islam.

Qurban (taqarrub), yaitu upaya seorang muslim melakukan pendekatan diri kepada Allah. berqurban merupakan ibadah yang paling dicintai Allah Ta ala di hari raya idhul adha, sebagaimana disebutkan dalam hadist riwayat At-Tirmidzi dari Aisyah Radhiyallahu anhu bahwa nabi shallallahu alaihi wasalam bersabda :

"Tidaklah anak adam beramal di hari nahr yang paling dicintai Allah melebihi menumpahkan darah (berqurban), Qurban itu akan datang di hari kiamat dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya tetesan darah itu akan sampai difuatu tempat sebelum darah itu menetes ke bumi. Maka perbaikilah jiwa dengan berqurban."

Lalu taukah kalian bahwa hewan yang dijadikan qurban bukan hewan ternak biasa lho. Nah, berikut ini ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk hewan yang akan dikurbankan :

1. Syarat sah hewan qurban yang pertama adalah binatang yang akan diqurbankan merupakan binatang ternak seperti Unta, Sapi atau Kerbau, Kambing, dan Domba
Allah berfirman dalam Q.S Al Hajj : 34

Artinya:“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (Udhhiyah), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka.”(QS Al-Hajj: 34)

2. Syarat sah hewan qurban yang ke dua adalah cukup umur

a.) untuk unta minimal berumur 5 tahun dan telah memasuki tahun ke 6
b.) untuk sapi berumur minimal 2 tahun dan telah memasuki tahun ke 3
c.) Kambing jenis domba atau biri-biri berumur 1 tahun
d.) Kambing jenis domba bisa berumur 6 bulan
e.) Kambing biasa minimal 1 tahun dan telah memasuki tahun ke 2

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari Jabir bahwasannya Rasulullah saw bersabda., “Jangan kamu menyembelih untuk qurban melainkan yang telah berganti gigi kecuali jika sukar didapat, maka boleh berumur satu tahun (yang masuk kedua tahun) dari kambing/domba.” (HR. Muslim)

3. Syarat sah yang ketiga adalah hewan qurban dalam kondisi sehat dan tidak memiliki ciri-ciri seperti berikut ini :

1. Matanya buta sebelah
2. Kakinya Pincang
3. Mempuanyai penyakit yang membuat kurus
4. Hewan yang terputus sebagian atau seluruh telinganya
5. Hewan yang terputus sebagaian atau seluruh ekornya
6. tidak hamil
7. tidak ada hak kepemilikan orang lain atau hewan milik pekurban dan bukan dari hasil mencuri'

Rasulullah SAW bersabda : "Tidak bisa dilaksanakan qurban binatang yang pincang, yang nampak sekali pincangnya, yang buta sebelah matanya dan nampak sekali butanya, yang sakit dan nampak sekali sakitnya dan binatang yang kurus yang tidak berdaging." (HR. Tirmidzi).

Ketentuan Qurban Kolektif
Karena pahala qurban yang begitu agung, maka Allah memudahkan kita dalam pelaksanaan qurban bagi orang yang tidak mampu, namun ia bersikeras ingin menunaikan ibadah qurban

Dalam syariat islam membolehkan berqurban secara kolektif atau gabungan sehingga lebih banyak umat muslim dapat berkesempatan untuk memperoleh pahala dari ibadah qurban ini.

a.) Unta
Dalam konteks qurban, biasanya unta diperbolehkan untuk dijadikan kurban dengan total jumlah pekurban sebanyak 10 (sepuluh) orang dengan ketentuan umur minimal 5 tahun dan telah memasuki tahun ke 6. Dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu beliau mengatakan,

”Dahulu kami pernah bersafar bersama Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam lalu tibalah hari raya Idul Adha maka kami pun berserikat sepuluh orang untuk qurban seekor unta. Sedangkan untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang.” (HR. Tirmidzi no. 905, Ibnu Majah no. 3131)

b.) Sapi
Sapi yang diqurbankan berumur minimal 2 tahun dan telah memasuki tahun ke 3. dengan total jumlah pekurban sebanyak 7 orang

c.) Kambing (domba)
berumur hampir memasuki 2 tahun, sapi (kerbau) berumur hampir 3 tahun, dan unta berumur 5 tahun dengan jumlah pekurban sebanyak 1 orang dan boleh diniatkan untuk keluarga si pemilik qurban

Rujukannya pendapat ini ialah hadis yang diriwayatkan oleh 'Aisyah bahwasanya: " .... Rasulullah SAW mengambil domba, membaringkan, kemudian menyembelihnya sembari membaca basmalah: 'Ya Allah perkenankanlah [kurban ini] dari Muhammad, keluarga, dan umatnya', lalu melaksanakan ibadah kurban tersebut," (H.R. Muslim).

Bagi kalian yang ingin berqurban ada tips untuk memilih hewan qurban yang baik :

1. Bermata cerah dan bersih tidak kemerahan
2. Lidah berwarna merah muda dan tidak ditemukan lepuhan
3. Mokusa hidung lembab, tidak kering maupun berair
4. Bernafas normal, tidak batuk ataupun ngorok
5. Bentuk tubuh proporsionall, bulunya mengkilat serta tidak terdapat luka
6. Tekstur kotoran cenderung lembek, tidak cair (sapi) dan berbentuk bulat (kambing). berwana coklat kehitaman dan tidak ada bercak darah
7. Dan pilihlah tempat yang bersih dan sudah tersertifikasi/label kesehatan hewan yang diterbitkan Dinas Kesehatan setempat. Jika tidak ada maka calon pembeli bisa beralih ke tempat penjualan hewan qurban lain yang jauh lebih aman.

Dikutip dari berbagai sumber

Paket Keluarga Bahagia

Paket Keluarga Bahagia

Yuk bersama bantu masyarakat dhuafa terdampak covid 19..!!

Detail Campaign
COPYRIGHT © 2021 Nusantara Peduli