Kegiatan

NUSANTARA PEDULI Santuni Penderita Celebral Palsy

YOGYAKARTA – Namanya Tia Setianingsih, Ia lahir dari keluarga yang sederhana, ayahnya bernama Nahrowi (40), ibunya bernama Dermi Renggani (31). Pekerjaan harian Nahrowi adalah tukang las panggilan, dimana tidak ada tempat khusus atau ruko bengkel las tertentu yang bisa ia gunakan untuk menjajakan jasa lasnya seperti tukang las lainnya, pak Nahrowi hanya tukang las Panggilan atau sekedar membantu tetangga yang membutuhkan jasanya dalam membenahi peralatan-peralatan elektronik rumah tangga. Sedangkan Dermi sehari-harinya mengurus adek Tia, ia juga sebagai buruh pembuatan obat herbal yang bisa ia kerjakan di rumah, dimana upah yang dia dapat tak seberapa.

Tia Setianingsih adalah anak pertama dari Nahrowi dan Dermi, umurnya sudah menginjak 11 tahun. Sebenarnya, umur 11 tahun adalah masa-masa yang paling mengasyikkan dalam kehidupan seseorang, karena diumur tersebut level kehidupan masuk pada level dunia anak, dimana dunia anak-anak adalah bermain, tak ada lelah atau letih, yang mereka rasakan hanya kesenangan dan kebahagian disaat bisa bermain bersama teman-teman sebayanya. Berlari, melompat, dan bermain apapun itu yang bisa membuat anak-anak tersebut senang dan bahagia. Namun sayang, tidak dengan Tia, ia tidak bisa seperti teman-teman sebayanya yang bisa berlari kesana-kemari atau asyik bermain petak umpet. Tia sedari kecil sudah sakit, sehingga ia tidak mampu menggerakkan kaki, tangan atau mototik lainnya seperti teman sebanyanya. Tia sakit yang biasa dikenal dengan nama Celebral Palsy (CP), dimana penyakit ini memengaruhi otot dan sarafnya, sehingga tidak bisa digerakkan secara normal.

Sebenarnya Cerebral Palsy (CP) bukanlah penyakit bawaan, tapi dimulai dari tahap awal kehidupan yaitu sejak lahir. Dimana penyebab penyakit ini adalah karena adanya cedera pada bagian otak yang mengontrol kemampuan untuk menggunakan otot. Cerebral berarti berhubungan dengan otak. Palsy berarti kelemahan atau kesulitan menggunakan otot. Namun juga ada beberapa penyebab lainnya yang bisa menyebabkan anak mengalami cerebral palsy.

Tia memang tidak bisa beraktivitas seperti teman sebayanya, namun hal itu tidak menyurutkan keinginan dia untuk terus bergerak dan menjadi lebih baik, hal ini terbukti dimana dia selalu bersemangat untuk sekolah. Tia bersekolah di SLB N 1 Bantul, saat ini Tia duduk di kelas 1 SD, namun dia sudah mengenyam sekolah sebelumnya selama 2 tahun lamanya di sekolah TK yang ada di SLB N 1 Bantul juga.

Adek Tia tinggal bersama Bapak Ibunya di kontrakan kecil yang beralamatkan Jl. Perintis Kemerdekaan, Umbulharjo, Yogyakarta. Kontrakan yang ditinggali hanya memiliki 2 ruangan, ruangan depan dijadikan tempat kerja Dermi mengolah obat herbal yang nantinya disetorkan ke pabrik, dan ruangan belakang dijadikan sebagai kamar tidur sekaligus dapur untuk memasak.

Mengetahui keadaan Tia dengan keadaan keluarga yang sederhana, NUSANTARA PEDULI berinisiatif untuk membantu, tepatnya hari Jum’at 22 November 2019 tim NUSANTARA PEDULI berkunjung ke kediaman Tia. Selain bersilaturahmi, Tim NUSANTARA PEDULI juga memberikan santunan untuk Tia dan keluarga.

“Terimakasih saya ucapkan kepada NUSANTARA PEDULI atas bantuan yang diberikan, semoga semua ini menjadi amal jariyah untuk Bapak-Ibu donatur dan Bapak-Ibu yang ada di NUSANTARA PEDULI, saya tidak bisa membalas apa-apa pak, semoga Allah yang membalas semua,” ungkap Dermi, Ibu dari Tia.

Zainal Oktavianto, Kepala Area NUSANTARA PEDULI Yogyakarta mengungkapkan terimakasih kepada para donatur yang telah mendukung baik secara langsung maupun tidak langsung, baik secara materi atau non materi. “Terimakasih kami sampaikan kepada seluruh donatur dan semua pihak yang telah mensupport NUSANTARA PEDULI dengan segala program yang ada. Semoga semua menjadi amal jariyyah untuk kita semua, dan keberkahan selalu menyertai derap langkah kita,” ucap Zainal.

Selain itu, Zainal juga mengajak untuk semua masyarakat dan semua pihak untuk bisa bersama-sama terus memberikan dan menebar kemanfaatan kepada ummat yang membutuhkan. Karena sebaik-baiknya insan adalah mereka yang bisa memberikan manfaat untuk insan yang lainnya. Dan mari kita berlomba-lomba untuk menjadi insan terbaik di mata Allah SWT.



Nusantara Peduli

  • Jl. Perintis Kemerdekaan, Gg. Mangga 670, Umbulharjo, Yogyakarta
  • 082289713000
  • nusantarapedulipusat@gmail.com

Lokasi Kami