Kegiatan

Pemulung Yang Berqurban 2 Ekor Kambing

Pemulung Yang Berqurban 2 Ekor Kambing

Pemulung Yang Berqurban 2 Ekor Kambing – Nenek Yati, wanita berumur 60 tahun yang berasal dari Madura ini sehari-harinya adalah bekerja dengan memulung sampah seperti plastik atau lainnya untuk kemudian dijual ke pengepul. Sehari-hari, dengan dibantu Maman, Nenek Yati bekerja mengelilingi areal Tebet hingga Bukit Duri, Jakarta Selatan. Tidak banyak mungkin yang didapat oleh Nenek Yati. Menurutnya seharinya rata-rata dia mendapatkan uang sekitar 25.000 rupiah. Cukup tidak cukup uang, itulah yang digunakan untuk menyambung hidupnya sehari-hari.

Nenek Yati tinggal di daerah pemukiman kumuh di Tebet. Tanah tersebut adalah milik Pemprov DKI Jakarta. Nenek Yati mengungkapkan bahwa dia memang statusnya menumpang di ‘tanah orang’. Tidak ada uang untuk tinggal ‘lebih layak dan legal’. Jangan ditanya bagaimana rumahnya. Rumah Nenek Yati sangat seadanya dan tidak ada barang berharga apapun di sana.

Keinginan berqurban Nenek Yati berawal dari pengalamannya yang selalu antri dalam menerima daging qurban ketika Idul Adha datang.

“Semasa hidup saya tidak ingin cuma mengantri daging, tentu ingin hati untuk sesekali juga bisa berqurban.” Tekadnya yang kuat tersebut akhirnya mendorong dia untuk menyisihkan uang hasil kerjanya sedikit demi sedikit.

“Saya nabung selama 3 tahun untuk membeli dua ekor kambing. Satu kambing yang besar harganya 2 juta sedang kambing yang kecil harganya 1 juta.” Akhirnya Nenek Yati bisa juga mewujudkan impiannya untuk berqurban, Nenek Yati dibantu Maman menyerahkan 2 kambing tersebut ke Masjid Al-Ittihad, masjid yang berada di salah satu area elit Tebet, Tebet Mas. Sontak hal itu membuat pengurus masjid menjadi haru, sesuatu yang tulus justru berasal dari mereka-mereka yang justru berada dalam kesulitan ekonomi.

“Saya berharap ini bukan qurban saya yang terakhir.”, ujar Nenek Yati

Kisah Nenek Yati ini sangatlah menyentuh bagi siapa saja. uang 2 juta atau 1 juta mungkin buat sebagian dari kita bukanlah sesuatu yang besar, namun tidak untuk mereka yang untuk makan saja susah. Inilah petunjuk Allah SWT. Jika seseorang telah dibukakan hatinya, maka suatu cobaan bukanlah sesuatu yang tidak bisa dilalui.

Semoga Kisah Pemulung Yang Berqurban 2 Ekor Kambing bermanfaat

Referensi : Masjidku




Nusantara Peduli

  • Jl. Perintis Kemerdekaan, Gg. Mangga 670, Umbulharjo, Yogyakarta
  • 082289713000
  • nusantarapedulipusat@gmail.com

Lokasi Kami