Kegiatan

Warga Desa Mertelu Antri Dapatkan Bantuan Air Dari Nusantara Peduli

YOGYAKARTA – Kabupaten Gunungkidul adalah salah satu dari 5 kabupaten di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang rutin terdampak kekeringan kala musim kemarau datang tiap tahunnya. Kabupaten Gunungkidul terdiri dari 18 Kecamatan dan 144 Desa. Dari 18 kecamatan yang ada, terdapat 15 kecamatan yang berpotensi terdampak kekeringan di musim kemarau tahun 2019 ini.

Melihat fenomena kekeringan tahunan yang melanda beberapa daerah di Gunungkidul, Nusantara Peduli melakukan program rutin tahunan, yaitu program “Berbagi Sejuta Liter Air Bersih”. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu masyarakat pelosok yang masih kesusahan mendapatkan air bersih di musim kemarau.

Pada program “Berbagi Sejuta Liter Air Bersih” kali ini (13/08), Nusantara Peduli menyalurkan air bersih ke Kecamatan Gedangsari. Tim Nusantara Peduli mendapat info bahwa Kecamatan Gedangsari adalah salah satu dari sekian Kecamatan yang sudah mulai kesusahan air bersih di musim kemarau tahun ini. Gedangsari adalah salah satu Kecamatan yang berada di ujung atas bukit dan dekat perbatasan dengan Kabupaten Klaten Jawa Tengah, dimana kontur tanah di Gedangsari adalah keras, terdiri dari bebatuan dan tanah yang kering. Susahnya air bersih di Kecamatan Gedangsari terbukti dengan mengeringnya sungai-sungai yang ada di daerah sana.

Dalam penyaluran air bersih, Nusantara Peduli menyalurkan sebanyak 40.000 Liter air bersih ke beberapa tempat di Kecamatan Gedangsari Gunungkidul, dimana ada 181 KK dan 621 jiwa penerima manfaat air bersih.



Nusantara Peduli

  • Jl. Perintis Kemerdekaan, Gg. Mangga 670, Umbulharjo, Yogyakarta
  • 082289713000
  • nusantarapedulipusat@gmail.com

Lokasi Kami