Kegiatan

Zakat atas Deposito

Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh

Saya mau bertanya terkait dengan deposito, bagaimana saya seharusnya membayar zakat deposito saya? Apakah keseluruhan atau hanya bunga yg saya dapat saja atau uang deposito pokok nya saja? Alhamdulillah saya ada deposito Rp 100.000.000,- di bank (Bapak Bambang)

Wa’alaikum salam wr. wb. Terima kasih atas pertanyaannya Bapak Bambang

Dalil kewajiban zakat tabungan/deposito sebagi berikut;

“…dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak (termasuk tabungan/deposito) dan tidak menafkahkannya (berzakat) pada jalan Allah, Maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.” (QS. At-Taubah (9): 34)

Rasulullah bersabda: “Tiadalah bagi pemilik harta simpanan yang tidak menunaikan zakatnya, kecuali dibakar diatasnya di neraka jahanam” (HR. Bukhori)

Menurut ulama kontemporer perhitungan zakat tabungan/deposito dibagi menjadi dua. Deposito di bank konvensional dan deposito di bank syariah

Pertama: Deposito di Bank Konvensional.

Untuk deposito jenis ini, zakat hanya terkena pada uang pokonya saja. Sedangkan bunga dari deposito itu, baik diambil atau tidak, tidak terkena zakat. Nilai zakatnya adalah: 2,5 persen dari pokok.

Modal: Rp 100 juta.
Bunga tidak dihitung zakat (bank konvensioanl)
Zakatnya adalah 2,5 persen x Rp 100 juta : Rp 2.500.000,-

Kedua: deposito di Bank Syariah.

Untuk deposito jenis ini, system zakatnya berdasarkan pada saldo akhir atau memasukkan bagi hasil yang diterima yang masih ada hingga akhir tahun.

Modal : Rp 100 juta.
Bagi Hasil: Rp 10 juta.
Zakatnya adalah: 2,5 persen x Rp 110 juta = Rp 2.750.000,-

Kapan waktu mengeluarkan zakatnya?
Khalifah Utsman bin Affan menyarankan mengeluarkan zakat setiap bulan Islam yaitu setiap bulan Muharram. Namun, jumhur ulama tidak membatasi waktu mengeluarkan zakat terserah mulai bulan apa saja. Bahkan jumhur ulama menjelaskan boleh kita mengeluarkan zakat tersebut sekaligus setahun sekali atau dengan perbulan sekali (jika dikhawatirkan dapat menyulitkan dan memberatkan saat mengeluarkan zakat) terserah yang dipilih adalah apakah yang tidak memberatkan atau mau sekaligus. Yang jelas, jika ditotal setahun besar zakat yang dikeluarkan akan sama dengan perbulan yang dicicil.

Demikian semoga dapat dipahami. Waallahu A’lam

Sumber: eramuslim




Nusantara Peduli

  • Jl. Perintis Kemerdekaan, Gg. Mangga 670, Umbulharjo, Yogyakarta
  • 082289713000
  • nusantarapedulipusat@gmail.com

Lokasi Kami